"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik.." (QS.An Nahl:125)

Selasa, 27 September 2011

Inilah Alasannya Mengapa Harus Bersedekah

Oleh : Meylina Hidayanti

Dikisahkan terdapat tiga orang yang sedang mengantri di depan pintu surga, mereka adalah ulama, mujahid dan orang kaya dermawan. Mereka saling mempersilahkan satu dengan yang lainnya untuk terlebih dahulu masuk ke dalam indahnya surga.
si kaya dermawan dan ulama mempersilahkan kepada mujahid untuk masuk surga terlebih dahulu,”Silahkan anda masuk terlebih dahulu, karena Allah SWT telah menjanjikan surga untukmu atau syahidmu kepada Allah SWT”
Tetapi ternyata si Mujahid menolaknya dengan halus, sambil berkata,”Maaf, silahkan anda yang masuk surga terlebih dahulu, karena saya tidak akan tahu keutamaan dari berjihad tanpa ilmu pengetahuan dari anda yang seorang ulama”.

Akhirnya si kaya dermawan dan mujahid mempersilahkan ulama memasuki surga terlebih dahulu.
Tetapi ketika si ulama hendak masuk dan melangkahkan kakinya ke pintu surga, tiba-tiba ia kembali mundur dan berkata kepada si kaya dermawan, “Hai Fulan, rasanya engkaulah yang lebih berhak untuk masuk surga terlebih dahulu dibandingkan kami (mujahid dan ulama), karena berkat dana bantuanmulah dibangunnya rumah-rumah ibadah seperti masjid, madrasah, pesantren, panti jompo dan rumah bagi anak yatim piatu serta anak-anak cacat dan berbagai tempat-tempat kemaslahatan lain. Anda juga gemar membayar zakat, infaq, sedekah dan wakaf, sehingga saya memiliki peranan syiar agama. Dan si mujahid ini juga mau berjihad karena Allah SWT itu semua berkatmu”


Sungguh, janji Allah itu pasti dan Allah tak akan pernah mengingkari janjiNya kepada hamba-hambaNya yang senantiasa menegakkan syari’atNya dan mengagungkan asmaNya. Begitulah janji Allah kepada hamba-hambaNya yang senantiasa bersedekah dalam keadaan lapang ataupun sempit. Ia telah menyediakan indahnya syurga baginya. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang pertama masuk ke syurgaNya.Aamiin..

Inilah alasannya mengapa kita harus bersedekah:

"Dari Abu hurairah r.a berkata: Rasulullah saw bersabda, "Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari selama matahari masih terbit. Mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkat barang bawaan ke atasnya merupakan sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju masjid adalah sedekah, dan menyingkirkan aral dari jalan juga merupakan sedekah" (HR.Bukhari dan Muslim)


“Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sedekah. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu”
(HR. Ahmad)

“Barangsiapa mengangkat sebuah batu dari jalan, akan untuknya suatu kebaikan, dan barangsiapa yang dicatat untuknya suatu kebaikan, maka ia akan masuk syurga” (HR.Thabrani)

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain” (HR. Ahmad)

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana” (HR. Ath-Thabrani)

“Tiada seorang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya” (HR. Ahmad)

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya” (HR. Ahmad)

“Barangsiapa diberi Allah harta dan tidak menunaikan zakatnya kelak pada hari kiamat dia akan dibayang-bayangi dengan seekor ular bermata satu di tengah dan punya dua lidah yang melilitnya. Ular itu mencengkeram kedua rahangnya seraya berkata, “Aku hartamu, aku pusaka simpananmu.” Kemudian nabi Saw membaca firman Allah surat Ali Imran ayat 180: “Dan janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi”
(HR. Bukhari)

“Tiada suatu kaum menolak mengeluarkan zakat melainkan Allah menimpa mereka dengan paceklik (kemarau panjang dan kegagalan panen)” (HR. Ath-Thabrani)

“Tiap muslim wajib bersedekah. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah”
(HR. Bukhari dan Muslim)

“Abu Dzarr Ra berkata bahwa beberapa sahabat Rasulullah Saw berkata, “Ya Rasulullah, orang-orang yang banyak hartanya memperoleh lebih banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Nabi Saw lalu berkata, “Bukankah Allah telah memberimu apa yang dapat kamu sedekahkan? Tiap-tiap ucapan tasbih adalah sodaqoh, takbir sodaqoh, tahmid sodaqoh, tahlil sodaqoh, amar makruf sodaqoh, nahi mungkar sodaqoh, bersenggama dengan isteri pun sodaqoh.” Para sahabat lalu bertanya, “Apakah melampiaskan syahwat mendapat pahala?” Nabi menjawab, “Tidakkah kamu mengerti bahwa kalau dilampiaskannya di tempat yang haram bukankah itu berdosa? Begitu pula kalau syahwat diletakkan di tempat halal, maka dia memperoleh pahala” (HR. Muslim).

Let’s Fastabiqul khairat
Mari kita raih syurgaNya dengan rezeki yang telah Ia berikan



url : http://www.lenteracentre.com/2011/09/inilah-alasannya-menapa-harus-sedekah.html

5 komentar:

para ulama pun bersedekah dengan ilmunya, sehingga mampu membimbing si mujahid dan si dermawan menjalankan ibadahnya

si mujahid pun bersedekah dengan menegakkan syari'atnya hingga akhir hayatnya

dan si dermawan bersedekah dengan kelebihan hartanya...

akhirnya semua masuk syurga..

subhanallah..

sedekah banyak caranya,
Tinggal niatnya..

jzkmlh, tp antum lupa cantumin sumber kisah pertama di atas, afwan...

APLIKASI KARTU KREDIT DAN KTA (PERSONAL LOANS) ONLINE.
INGIN BUAT KARTU KREDIT ATAU KREDIT TANPA AGUNAN?
SAYA BANTU BUAT.
Apakah Anda merencanakan pernikahan, merenovasi rumah, membayar uang sekolah anak-anak, atau bahkan mengajak orang-orang tercinta dalam perjalanan liburan Anda? Personal Loan dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Produk pinjaman kami juga tersedia jika Anda ingin melakukan pembelian lainnya.
Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami.
fasilitas :
Dapatkan Manfaat Dari Personal Loan Kami :
* Jumlah pinjaman hingga IDR 200 juta.
* Tanpa agunan, persyaratan mudah dan proses yang cepat.
* Pembayaran dengan cicilan tetap dan terjangkau setiap bulan.
* Perlindungan asuransi jiwa dari kewajiban pelunasan seluruh hutang apabila Anda mengalami musibah.
Tarif dan biaya.
* Untuk pinjaman >= 30 juta maka biaya adminitrasi (provisi) dikenakan 1,75% sudah termasuk biaya asuransi.
* Sedangkan pinjaman < 30 juta maka biaya adminitrasi (provisi) dikenakan 3,5% sudah termasuk biaya asuransi.
* Biaya Materai 6.000 (di form aplikasi).
* Biaya Keterlambatan, 5% dari pembayaran bulanan atau IDR 60,000 yang mana lebih tinggi.
* Pelunasan Dini, 5% dari sisa pokok terhutang[/spoiler].
ANZ Semarang Jl. Pandanaran No. 46
Semarang 50243 P: +62 24 845 6718.
F: +62 24 845 6719 Tanya Secara Online.
085 229 348 635 ( chairul saito utomo ).
herbalmodern.blogspot.com
duniabuana@rocketmail.com
kantor cabang jl bulustalan 4 no 148 semarang.
info hub 085229348635.

Poskan Komentar

Note :

Silahkan bagi yang ingin mengutip isi situs LENTERA CENTRE dengan mencantumkan nama penulis dan alamat situs. Semoga bermanfaat..